Pasar Gembrong, Jakarta Timur

Pasar Gembrong!!!

Pasti sudah pernah kan ke sana?

Ini adalah pasar mainan yang sangat terkenal di Jakarta, kisaran harganya boleh dibilang mulai murah meriah . Namun, jangan terkejut jika ada juga mainan yang harganya jutaan rupiah, karena memang tersedia juga di pasar ini. Meski demikian, kita tak perlu khawatir, karena  meski jutaan, harga itu biasanya tetap lebih murah dibandingkan di toko atau mal.

Sebelum ada Pasar Gembrong (dekat rumah), kami biasa menyambangi Pasar Asemka (lumayan, dekat kantor). Ini adalah salah satu tempat favorit anak-anak, selain TB Gramedia di Matraman. Awalnya hanya beberapa toko saja yang ada di sini, lama kelamaan, semakin banyak bahkan sudah sampai ke seberang jalan dan mantapnya, semuanya jual mainan. Sempat juga banyak pedagang kaki lima yang kemudian menetap jualan di situ memanfaatkan trotoar yang ada. Kondisi ini cukup membuat Pasar Gembrong semakin ruwet dan sangat tidak nyaman buat anak-anak. Alhamdulillah, saat ini lumayanan lah, lebih terang…karena toko-toko yang tidak permanen sudah tidak ada lagi…semrawutnya sih ya tetep…*namanya juga pasar :)

Libur lebaran kemaren, Pasar Gembrong tidak pernah sepi pengunjung, ketika sekolah mulai masuk kembali, suasana kembali normal seperti biasa. Jumlah pengunjung akan meningkat kembali di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Jadi kalau kira-kira kita mau melintas di jalan Basuki Rahmat, kita harus bisa memperkirakan jam-jam ruwet di seputaran Pasar Gembrong, karena banyak sekali mobil dan motor yang parkir di sepanjang jalan hingga membuat kawasan sekitarnya macet. Tapi kalo memang berniat ke sana, kalau tidak beruntung, parkirnya dapet jaaaaaauuuuuhhh banget, lumaya lah kalo musti jalan kaki, apalagi kalo musti ditambah nyebrang jembatan penyeberangan :)

Oke, kembali ke inti yang sebenarnya akan saya sampaikan adalah….soal toko langganan keluarga kami. Setelah bertahun-tahun rajin ngiterin pasar ini, lama kelamaan jatuh hati ke 1 toko saja, yang menurut kami, harganya pas (biasanya bisa ditawar sekitar 5rb-10rb saja, pokoknya seringnya sih gbs ditawar, karena emang nggak main harga…sekali lagi, ini menurut kami loh ya, kami tak tahu kalo menurut teman lain yang sering ke sana juga). Dengan demikian, acara beli mainan bareng anak-anak bakal cepet karena kagag muter-muter ke sana kemari.

Ini dia penampakan tokonya…..

Selama ini hanya tulisan Bumi Segandu yang kami ingat, ternyata pas sengaja motret buat dipajang di blog, nama tokonya adalah “Toko Jaka Sempurna” hehehe…

Dulu waktu masih semrawut, nama tokonya nggak kelihatan karena tertutup lapak dadakan di depannya, hingga kami hanya hapal kepada si pemilik dan petugas tokonya yang berpenampilan lain dari yang lain, berbaju hitam dan mengenakan gelang dan kalung putih. Sepertinya sih bukan dari manik-manik, kalau boleh memperkirakan sih, kalungnya adalah rangkaian biji ‘jali’ [menurut wikipedia, Jali Jali (Coix lacryma-jobi L.), merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih.]

Saat ini, Pasar Gembrong termasuk salah satu daya tarik untuk wisatawan  lokal yang datang ke Jakarta, selain untuk berburu mainan buat anak sendiri, mereka juga berburu kado/hadiah/oleh-oleh untuk kerabat dan handai taulan.

Selain mainan-mainan, ada juga khusus modifikasi mobil-mobilan yang juga menjual pernak-pernik yang ada hubungannya sama mobil remote itu, mulai antena, baterai, roda, dll (maafkan, saya juga ga begitu paham, apa saja bagian dari mobil kecil yang harganya bikin mata mendelik itu)

Bagaimana dengan urusan perut? Tak perlu khawatir…banyak penjual makanan dan minuman (tahu gejrot, siomay, telor asin, rujak bebek, otak-otak, minuman tebu, dawet ayu,, dll) tapi kami sendiri jarang makan di situ, kami lebih memilih kuliner di daerah Cipinang, Rawamangun  atau pun Kalimalang, yang letaknya juga tak begitu jauh Pasar Gembrong.

Belakangan mulai marak juga penjual karpet di sana sini, bahkan pada kunjungan terakhir kemaren, ada tukang “vermak lepis” bersepeda, keramik, alat-alat rumah tangga, bahkan baju dan sepatu!!! Jadi target pasarnya sudah makin beragam, setelah anak-anak dan ayah-ayah (entahlah, para ayah ini sepertinya tak bosan -bosannya menyambangi toko yang menjual mainan yang berbau ‘remote control’ dan  bisa ‘meludeskan isi dompet dalam sekejap’), emak-emak juga mulai dimanjakan jika berkunjung ke sini.

O, iya hampit lupa…sepertinya sekarang ini mulai banyak yang jual peralatan dan pernak-pernik pesta anak-anak deh…berbagai jenis balon, kertas krep, pinata, piring plastik, lampion, dll…tapi ya belum selengkap di Pasar Asemka.

Bagaimana, anda tertarik untuk berkunjung ke sini?

Jika iya….siapkan uang dan kartu-kartu yang anda punya.  Di sini tidak ada ATM, tapi ada beberapa toko yang menerima pembayaran via kartu.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, kunjungan, Umum, wISATA. Tandai permalink.

31 Balasan ke Pasar Gembrong, Jakarta Timur

  1. monda berkata:

    pasar ini jadi sumber macet memang. ya…
    lebaran kemarin kulihat anak2 rame yang beli senjata2an…, aduh ngeri lihat senjata besar2 gitu, kurasa seukuran dengan aslinya, kayak model AK gitu deh….

    kalung si abang dari jali…? jadi ingat foto jali yang sempat buatku penasaran

  2. nia/mama ina berkata:

    Belum pernah kesini mbak..tapi sering nglewatin…ini yang mau ke arah cawang kan klo dr priok? emang murah2 yach mbak…jd penasaran pengen kesini……soale anak2 udah mulai minta mainan…harus beli 2 lagi secara adiknya sekarang suka ngrebut mainan kakaknya hehe….

    • Devi Yudhistira berkata:

      Mampir lah mbak sekali2…kl mmg mau beli mainan. Banyak kok, mulai puzzle kertas ampe yg kayu jg ada.

      dulu si kakak pnh beli masak2an di kelapa gading 250 rb…tyt di gembrong cuman 80rb… sama persis…sis….*nyesek banget deh jadinya*

  3. nh18 berkata:

    Pasar Gembrong …
    Pasar Asemka …
    Ya … saya pernah dengar bahwa ini pasarnya mainan anak-anak … tapi saya belum pernah kesini.

    Dan Saya mungkin sudah tidak begitu membutuhkan lagi … namun jika ada sodara yang tanya-tanya … saya akan arahkan ke sini …

    Thanks Bu Devi

  4. hilsya berkata:

    meski sering dengar dan sering lewat, aku belum pernah kesini nih ..bu..:)

  5. Asop berkata:

    Jangan-jangan di sana ada senapan airsoft gun? :D

  6. Lidya berkata:

    lewat sering tapi belum pernah mampir mbak.

  7. maminx berkata:

    wah dari namanya “gembrong”, kirain daerah Jawa gitu, ternyata jakarta toh. itu pasar tumpah gitu kan ya. hebat ada yang nerima pembayaran via kartu debit? wah ko gak difoto mobil-mobilan remote itu, kan lucu kayaknya :D

  8. Puteriamirillis berkata:

    mbak rumahmu dimana?
    setelah dari gembrong sering kuliner ke cipinang dan rawamangun, mampir atuh mbak. rumahku di cipinang, mama di rawamangun.
    soal pasar gembrong ini mmg fenomenal ya mbak bagi ibu2, tapi sekarang aku lebih milih ada juga jualan anak2 di daerah klender, kalo kata suami lbh murah2 (dasar ya, udah gembrong murah dicari lagi yang lebih murah). cuma ya mmg masuk2 ke dalam mbak, dan tokonya cuma satu dua aja.

  9. Daku belum pernah. Lebih murah dari toko ya?

  10. chocoVanilla berkata:

    Aku dah pernaaaah…. tapi gak mo lagi huwaaaa….. muacet, sengol-senggolan, padahal body ku semlohai gini jadi makin sempit :(
    Tapi emang murah2 ya, Jeng, nek gak sempit betah deh maring kono :D

  11. papap berkata:

    daerah mana ya jakarta timurnya hehee..taunya cibubur, ciracas, cijantung kp rambutan aja xixix…kalau asemka si tahuu deket stasiun kota..
    salam kenal mba,,,

  12. Aditya Fajar berkata:

    Kebetulan pasar gembrong itu deket rumah di tebet. Sering lewat, pengen ke sana juga sih untuk liat-liat, apalagi anak udah tambah gede nih. Kayaknya seru juga berpetualang ke sana ya? :)

    Oh ya lupa, salam kenal, saya adit :)

  13. jarwadi berkata:

    harga mainan di pasar ini bisa ditawar ngga? hehe. kalau misal tawar menawar harga, trus anak sudah terlanjur suka, aku kira jadi lucu, posisi tawar penjual jadi di atas angin :D

  14. kakaakin berkata:

    Wah… ternyata ada oasar khusus mainan ya…
    Hmm… sepertinya bila mengajak anak2 ke pasar ini, perlu pertimbangan matang2, sebelum duit di dompet menipis :D

  15. mandor berkata:

    wow keren, toko mainan juga menyediakan tempat gesek kartu. Jadi gak usah susah-susah bawa uang banyak untuk belanja di pasar Gembrong

  16. ony hafidz berkata:

    q pengen banget kepasar prumpung tp lum sempet aja

  17. Ping balik: Seru! Belanja Mainan Murah Bareng si Kecil di Pasar Gembrong | AIRSOFTGUN

  18. dhany47 berkata:

    mas bro saya mau beli mainan buat anak nich yang murah tapi ga murahan . nah saya dengar legenda pasar gembrong surganya mainan tapi nerakanya kantong para ayah hee heee. saya mau tanya kalo dari depok saya mau ke pasar gembrong itu saya harus turun dimana? trim atas infonya? jawabannya bisa di forward ke alamat email dhany47@gmail.com

  19. melan berkata:

    mba kalo toko ini dari arah kampung melayu langsung ada dikiri apa di seberangnya ? soalnya waktu aku ke sana ko tawarinnya harga yang mahal2 :(

  20. ria mandela berkata:

    Gembrongvit sm g ma prumpung?

  21. junoir rahman berkata:

    aku mau tnya nie,klo dari daerah mangga 2 mau ke pasar gembrong naiknya angkutan apa?
    klo pkai busway bsa gk,turunnya di hate mana?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s