Membuat dan Meluncurkan Roket Mini

Baca artikel tentang Percobaan Sains di Keluarga Homeschooling, mengenai Percobaan bagaimana sih cara kerja roket dan hukum aksi-reaksi Newton.

Bahan-bahannya juga relatif mudah diperoleh (soda kue, asam citrat, air, botol bekas tempat film, plastik/kertas untuk badan roketnya, selotip, alat tulis, gunting). Yang lumayan susah mencari bekas tempat film…bongkar-bongkar cuman dapet 2 buah saja :)

Ayah menambah sedikit modifikasi pada percobaan ini, agar lebih menarik. Anak-anak diajak membuat badan roketnya dari kertas dan plastik bekas pembatas buku agenda. Mereka sibuk membuat pola, menggunting, menempel bagian-bagian roketnya.

Untuk membuat badan roket tidak bisa asal-asalan, karena harus diukur sesuai dengan tempat bekas film yang nantinya digunakan sebagai alat ‘peluncur roket’. Jarak antar sayap juga harus diperhatikan (di gambar sebelah, kak Rahma lagi mengamati jarak sayap). Kalau di percobaan mas Yudhis dan Tata, yang meluncur ke atas adalah tutupnya, maka di percobaan Rahma dan Rafif posisinya berbeda, tutupnya ada di bawah, jadi yang meluncur adalah badan tempat film yang dilapisi oleh badan roket yang sudah dibuat.

Kami mencobanya beberapa kali, sayangnya kak Rahma tetep aja nggak berani mencoba sendiri, hanya menonton dan menyiapkan bahannya saja.

Alhamdulillah, anak-anak sangat senang bisa membuat roket mini sekaligus membuat peluncurnya. Mereka berniat akan mempratekkan di sekolah, mengajak teman-temannya.

Sebelumnya, mereka sudah biasa membuat dan bermain roket air dari botol bekas softdrink, untuk meluncurkannya harus nyari lahan lapang dulu karena bahaya banget pas meluncur jatuhnya. Pas liat ada roket mini yang bisa mereka luncurkan di halaman rumah, mereka sangat senang.

Cara membuatnya :

  1. Buat badan roket terlebih dahulu, ukurlah sesuai dengan tempat film yang ada.
  2. Isi botol bekas film dengan air, setengahnya saja.
  3. Tambahkan satu sendok teh asam citrat ke dalmnya.
  4. Isi tutup botol dengan soda kue, lalu mampatkan (ditekan-tekan)
  5. Tutup dan balik dengan segera letakkan di atas permukaan yang rata

***Ada yang mau beramal tempat bekas film???*** (please…) kami menerima dengan senang hati.

Catatan :

  • Karena meluncurnya lurus ke atas, posisi badan harus diperhatikan agar tetap aman saat roket meluncur.
  • Percobaan ini harus dilakukan dengan pendampingan, karena proses meluncurnya sangat cepat dan lumayan mengagetkan. Meluncurnya juga lumayan tinggi.
  • Asam Citrat bisa dibeli di toko bahan kue (maaf diinformasikan di sini, soalnya dulu kami juga nggak tahu kalau dijual di toko kue)
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Kakak Rahma, Permainan, Syafa. Tandai permalink.

12 Balasan ke Membuat dan Meluncurkan Roket Mini

  1. Prima berkata:

    Kebayang… jadi mbak, saat reaksi tutup akan tersentak terlepas dan roket meluncur, begitu bukan?

  2. Invincible Tetik berkata:

    Wah.. seru nya ma anak -anak
    Mas Yudis dan Tata semangat ya belajarnya >_<

  3. nh18 berkata:

    Ini saya pernah lihat dokumentasinya di FB
    percobaan yang itu kan Bu ?

    Salam saya

  4. Ping-balik: Ada di buku | Belajar dari anak-anak

  5. mohammad cholid berkata:

    roket ini ad videonya apa tidak?

  6. yanti sulastri berkata:

    botol bekas tempat film itu yang seperti apa?

  7. rohimatul khodijah berkata:

    botol bekas film saya gak tau gan
    bisa di ganti pakai botol bekas minuman gak ?

  8. dew berkata:

    iya,,,boleh diganti yang laen ga… nyaribotol bekas film nya lumayan susah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s