Cerita Gambar, stimulasi menulis

Ada mobil lagi jalan terus mobilnya dihalang truk karena jalannya buntu; yang naik mobil keluarga Yudhistira

Abang Rafif kadang menulis beberapa huruf dengan terbalik, namun kalo angka lebih sering lagi terbaliknya. Menurut informasi yang saya terima, memang ada tahapan menulis dari anak-anak, di mana mereka akan menulis huruf/angka kebalikan dari yang sebenarnya, jadi jika dibacanya pakai cermin baru seperti huruf yang sebenarnya. Namun, sampai dengan saat ini, saya belum mendapatkan literatur-literatur yang membahas tentang ini. Adakah yang mau berbagi dengan saya???

Ketika terima raport kemaren, saya mengemukakan permasalahan tersebut kepada bu guru. Rafif memang belum mau belajar menulis kalimat. Yang ditulisnya pendek-pendek saja. Agar tidak menulis terbalik lagi, satu-satunya jalan ya dengan banyak menulis. Padahal Rafif lagi seneng banget menggambar.

Saran bu guru, ketika menggambar, sisakan ruang khusus untuk menuliskan cerita tentang apa yang digambarnya. Lalu Rafif diminta menuliskan cerita gambar tsb.

Pas dicoba, ternyata tidak ada kesulitan yag berarti, dia emang mau menulis di pinggiran gambarnya. Terimakasih bu guru, sekarang Rafif semangat belajar menulis.

Sedangkan untuk masalah huruf terbalik, sementara saya membuat kesepakatan dengan Rafif bahwa dalam seminggu (tiap Sabtu) saya akan meneliti tulisan Rafif dan memberikan masukan atas huruf yang terbalik itu. Masih bingung juga sih, takutnya kalau tiap salah langsung diingetkan nantinya dia jadi ga pede atau bahkan malas menulis.

Ada idekah???

Untuk melihat huruf2 terbalik yang dibuat Rafif, silakah di-klik di gambar Rafif.

Tulisan ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak. Tandai permalink.

2 Balasan ke Cerita Gambar, stimulasi menulis

  1. dwi wahyuni berkata:

    iya nih mbak sama dengan anakku. ada beberapa huruf dan angka yang ditulis kebalik. untuk angka sih selalu angka 6 yang terbalik. aku sendiri bingung bagaimana cara mengatasinya. mbak punya saran yang jitu ?

    • devi berkata:

      Mbak Dwi, saya sedang cari informasi, nanti kalo dah dapet saya akan share ya mbak…tapi kalo mbak duluan yg dapet, mbak juga inform ke saya ya :)

Berikan Balasan

