Mengenal Konsep Bilangan Positif dan Negatif

Ayah sedang sibuk mencari jenis permainan yang bisa digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan positif dan negatif untuk para murid.

Pas dah ketemu (setelah berhari-hari, utak-atik) ada berbagai permainan yang diujicobakan. Rahma dan Rafif selalu antusias dengan mainan buatan ayah. (Ini salah satu imbas membahagiakan dari kesibukan ayah membuat mainan matematika, makasih ya yah!).

Awalnya menggunakan ‘Garis Bilangan yang digeser-geser’ dan Onde Milenium-nya APIQ. Namun baru Rahma (kelas 2) yang diajak memainkan, mengingat alat tsb aturan mainnya berbeda antara penambahan dan pengurangan dengan bilangan negatif. Alhamdulillah, Rahma mulai mengenal konsep operasi bilangan negatif, dan mulai memahami seiring seringnya dia bermain dengan alat itu.

Ayah terus memikirkan jenis permainan yang lebih mudah penggunaannya, lebnih tepatnya yang lebih ‘nyata’ yaitu “Mutiara Milenium’.  Dengan mainan ini Rafif (TK-B) bisa menemukan konsep operasi bilangan negatif, bahkan dia punya inisiatif menggunakan jari-jari tangannya sendiri, Hebat!!! Meski Rafif belum bisa mengucapkan kata ‘positif’ dengan benar namun yang penting konsep operasi matematikanya Rafif sudah mulai paham dan menemukan sendiri jawabannya, Subhanallah…

Dengan Mutiara Milenium ini, anak-anak dapat melihat dengan ‘nyata’ bagaimana suatu bilangan positif/negatif harus diperlakukan dalam penjumlahan/pengurangan. Sehingga mereka bisa menghitung dan menemukan konsepnya.

Misal 5 + (-3), maka mereka bisa mengambil 5 buah mutiara (+) dan 3 mutiara (-), sehingga mereka akan menemukan jawabannya bahwa 5+(-3) = 2.

Atau ada yang mempunyai ide/pengalaman tentang pembelajaran bilangan + dan – , boleh dong di-share ke kita…

Mohon maaf ya Mutiara Milenium belum bisa diupload di sini, karena masih akan terus diujicobakan. Namun bagi yang ingin melihat boleh datang :) dan menghubungi kami via email.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Abang Rafif, ayah, Kakak Rahma. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s