Origami, membuat boneka Jepang

Dalam rangka mempelajari tentang Jepang, kami melihat informasi dari buku Ensiklopedia dan dari web Kedutaan Jepang di Indonesia, Rahma penasaran dengan festival Hina Matsuri (hari anak perempuan), yang dirayakan setiap tanggal 3 Maret.

boneka-jepang3Hina Matsuri adalah perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyo.
Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian.
Walaupun disebut matsuri, perayaan ini lebih merupakan acara keluarga di rumah, dan hanya dirayakan keluarga yang memiliki anak perempuan. Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri).

Mama sengaja cari juga di blog-nya tante Budi (sohib mama yang sempet tinggal di Jepang), ternyata dapet informasi tentang bagaimana cara membuat boneka jepang pakai kertas (Origami).

boneka jepang-6Tentu saja Rahma sangat senang. Mama memberikan contoh, selanjutnya Rahma bisa membuat sendiri. Untuk memperlancar, mama membuatkan kertas dalam berbagai ukuran (pakai kertas kado soalnya, maksudnya sih biar coraknya pas sama Kimono-kimono Jepang).

Aktivitas anak-anak dalam rangka mengenal Jepang :

  1. Membuat Boneka Jepang pakai Kertas (Origami)
  2. Memasak dan menyiapkan bento untuk bekal sekolah (membuat telor gulung yang di tengahnya diberi sosis, terus pas diiris jadinya seperti bendera Jepang).

Alhamdulillah…semoga mereka selalu semangat untuk ingin tahu….

Terimakasih Allah…

NB. Postingan ini adalah postingan yang tertunda, kegiatannya sudah dilakukan seminggu yang lalu, saat bahasan di rumah adalah tentang Jepang. Baru sempat upload fotonya.

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Kakak Rahma, Syafa. Tandai permalink.

9 Balasan ke Origami, membuat boneka Jepang

  1. erva berkata:

    Vi… aku mo nyoba ya.. besokkan libur…

  2. bundagaluh berkata:

    hwa…lama ga onlen ketinggalan banyak banget kreatifitas nie hihihihi…
    Mbak, salsa beberapa minggu kemarin juga lagi seneng bikin boneka jepang. Awalnya dipinjemi buku dari temenku trus bikin banyak banget, dikasih nama trus dibagi-bagi ke teman-temane. Ah, sayang, ibunya nih ga upload-upload :(

  3. rera berkata:

    saya sangat tertarik dengan kesenian ini sejak masih kecil, rasanya puas jika bisa berkreasi dengan kertas. untuk membuat boneka jepang ini mohon petunkjjukknya. terimakasih.

  4. anak berkata:

    mana cara bikin nya????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  5. muh. ali mabhan berkata:

    g mna tuh car buatnya ajarin donk !!!!………………………………………. ?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  6. Dipto berkata:

    Wah.. pengin nih tutorial origaminya dong!

  7. niloh berkata:

    ide yang kreatif bagus sih untuk mengisi waktu luang…….Tuhan berkati….*_*…^_^>….+)

  8. kiki berkata:

    salam kenal.. aku udah coba bikin tapi bingung.. dari step 10 kok langsung jadi.. gimana caranya mbak.. share dong.. terimakasih banyak ya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s