Observasi ke RA Istiqlal

Seneng banget dikasih kesempatan observasi melihat bagaimana anak-anak belajar di RA Istiqlal…

Entah kenapa, saya tidak bisa menangkap sisi ‘kurang’ dalam kegiatan belajar mengajar di sana, jadi agak bingung pas ditanya apa ada masukan, kritik/saran…

Padahal beberapa teman-teman lain ‘mampu’ menangkap beberapa masalah selama observasi. Apa saya yang kurang cermat?

Atau karena saya sibuk berusaha merekam pembicaraan yang terjadi antara guru dengan murid? sepertinya jawabannya adalah saya hanya fokus ke pendekatan cara komunikasi guru-murid, baik cara menstimulus, cara mengatasi masalah, cara bertanya, cara berekspresi dan tentu saja metode pembelajaran yang digunakan. Itu yang menyebabkan saya tidak memperhatikan hal-hal seperti yang ditemukan teman2 lain…atau bisa jadi karena saya sudah terbiasa menitipkan anak di Tempat Penitipan Anak, jadi saya lebih bisa maklum dengan adanya insiden2 yang kadang dilakukan oleh anak-anak?

Ya, bagaimanapun, kami percaya apa yang dilakukan di sekolah pasti yang terbaik buat anak-anak, kami sekeluarga sangat berterimakasih kepada bapak/ibu guru di sana…diijinkan menimba ilmu ‘belajar sambil bermain’.

Terimakasih juga sudah menemani Rahma dan Rafif di sekolah….

Satu hal yang tertanam, sungguh berat menjadi guru TK, penuh perjuangan…harus fokus dari pagi sampai sore, dengan segala permasalahan anak-anak…luar biasa….saya saja yang hanya mengamati berasa kesel banget melihat ulah anak yang lupa peraturan, tapi ibu guru menghadapi semua itu dengan senyuman….Subhanallah…

Terimakasih banyak ya bu guru/pak guru…salut…semoga Allah membalas dengan kebaikan yang tidak terbatas…amien.

guruku tersayang, guru tercinta, tanpamu apa jadinya aku”

terlintas dalam benak, syair lagu kesukaan Rahma dan Rafif, tiba-tiba menjadi sangat mengena bagi kami, ya, karena ‘para guru RA Istiqlal’ sangat berpengaruh terhadap perubahan pola pikir kami dalam memandang banyak hal dalam hidup ini, satu hal yang sangat kami syukuri karena kami banyak sekali belajar dari anak-anak kami….Alhamdulillah, semoga Allah senantiasa memberikan hidayah kepada kita semua…amien.

Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, Mama, RA Istiqlal. Tandai permalink.

5 Balasan ke Observasi ke RA Istiqlal

  1. Dewi berkata:

    Bener Mbak….bener-bener setelah seharian liat agenda anak-anak…aku merasa sama sekali ga ada seujung kuku guru-guru Istiqlal itu deh…
    Kenapa ga dari dulu ada observasi gini, jadi kan bisa jadi contoh buatku jika ngadepin anak-anak..
    Betapa luar biasa sabarnya mereka…dibanding aku yang cuma ngadepin 3 anak…(bikin malu sendiri)

  2. devi yudhistira berkata:

    Belum terlambat untuk mencoba mbak…dan kita harus sering2 mengamati cara yg dilakukan di sekolah, biar kita juga belajar….malu dong, masa kalah sama anak-anak kita…
    oya kemaren detya mbuat tulisan,dah lancar nulisnya mbak…karyanya juga bagus..dan yg mbuat aku mesam-mesem isi pesen buat bundanya itu lo..”mengena banget”…hihihi…dan detya sadar betul kalo itu sebenarnya ‘rahasia’ karena pas nulis pesan moral buat bunda pake acara ditutup dan aku ga boleh lihat, penasaran dong..tetep aja aku bisa ngintip2…hehehe…^_^
    beruntung kita mbak, anak2 mau bilang terus terang sama kita apa yg dirasakan (drpd aku, dulu pernah nulis ‘ibuku galak seperti ibu tiri’ di lemari,kututupin kertas pula, ga ngefek banget deh..)

  3. mul berkata:

    itu sangat bagus walupun anda blum bisa perbuatan anda sangat terpuji karna anda tak pernah mengeluh naju terus pantang mundur

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan saya ibu retno dari Yayasan Al Husna Yogyakarta. Saya merintis RA Al Husna sejak 9 tahun lalu, dan baru 2 tahun ini menggunakan pendekatan metode BCCT. Saya sungguh berharap dapat diberi kesempatan untuk observasi di RA Istiqlal Jakarta. Bagaimana caranya ya ? Siapa yang harus kami hubungi ? Mungkin ada no. telp, fax, atau e-mail yang dapat kami hubungi ? Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  5. yudhistira31 berkata:

    Dear Ibu Retno,
    silakan menghubungi Bpk Kasmudi di 021-3500711

Berikan Balasan

