Contoh pijakan bermain

Postingan khusus buat jeng Rully, pengunjung setia blog ini (persembahan lo rul…hehehe) dan pengunjung yang lain yang mungkin mengalami hal yang sama dengan Rully…bingung membaca tulisan saya yang kurang detail atau ga jelas ….maafkan daku…^_^

Pijakan tersebut, merupakan cara yang ‘sebaiknya’ dilakukan kita sebagai orangtua dalam menemani anak bermain, sehingga acara bermain anak ini menjadi ajang pembelajaran yang oke punya buat anak-anak.

Ehm, mungkin lebih mudah dituliskan kalo pake contoh…misal tema bermain yang akan kita informasikan kepada anak adalah : BUNGA

Pijakan lingkungan main

Sebaiknya kita merencanakan permainan apa yang akan kita lakukan dalam memberikan informasi tentang bunga kepada anak, sehingga kita bisa menyiapkan apa saja bahan-bahan yang diperlukan dalam kegiatan tersebut. Kalo memungkinkan bisa dengan memilih dan menyediakan bahan yang mendukung sensorimotor ( kertas, krayon, gunting, lem untuk menggambar bunga, merangkai bunga dan membuat kolase bunga), pembangunan (membuat bunga dari playdough/balok/lego), main peran (untuk menginformasikan profesi yang berkaitan dengan bunga atau proses distribusi bunga bisa sampai ke pasar bunga), dan tidak ketinggalan bahan untuk mendukung kegiatan mengenal huruf/tulisan yang berkaitan dengan bunga (jenis2 bunga, profesi, bagian2 bunga). Tentu saja banyak unsur pembelajaran yang bisa dimasukkan dalam kegiatan bermain ini, yang akan lebih oke kalo kita sudah menyusun rencana sebelumnya.

Pijakan pengalaman sebelum main

Doa sebelum bermain. Mulailah kegiatan dengan membaca buku yang tentang bunga, untuk anak yang lebih kecil ceritakan tentang bunga sambil memperlihatkan kepada anak gambar bunga yang sudah disiapkan sebelumnya (di sebuah kertas, lengkap dengan bagian-bagian bunganya, berwarna/bisa juga nge-print gambar bunga ). Mintalah anak mengemukakan kosa kata apa saja yang berhasil ditangkap dari cerita tentang bunga. Untuk anak yang lebih kecil, dimotivasi dengan menanyakan ulang misal : yang ada di bawah bunga tadi apa ya? (sambil menunjuk bagian dimaksud) anak akan menjawab jika memang tadi dia fokus saat mendengarkan informasi yang diberikan. Kosa kata yang ditemukan anak ditulis ulang oleh kita di atas sebuah kertas atau papan tulis sambil menulis sambil kita baca agar anak mendengar dan memperhatikan cara membaca dan menuliskan kata-kata tsb. Di sini ortu harus kreatif mengarahkan ke informasi yang ingin dikenalkan tentunya.

Setelah itu ajak anak bermain dengan bahan yang telah disediakan. Misal membuat kolase bagian2 bunga. Ajak anak berdiskusi (sebenarnya cenderung kita menggali ide mereka) bagaimana kira2 cara membuat kolase bunga. Biarkan mereka mengemukakan ide mereka tentang tahapan yang akan mereka tempuh. Tegaskan kembali, misal : jadi cara membuat kolase bunga adalah buat mahkota bunga, beri warna, gunting, lalu tempelkan dengan lem pada karton yang telah tersedia.

Sebelum memulai kegiatan membuat kolase, diskusikan juga peraturan bermainnya (usahakan keluar dari mulut anak sendiri) dan informasikan harapan kita dalam bermain. Tegaskan kembali, misal :bermain harus tertib, tidak berebut alat, sabar, berhati-hati menggunakan gunting, menggunakan lem secukupnya, tidak lupa bersih-bersih alias beres-beres.

Pijakan Pengalaman Main setiap anak

Saat membuat kolase ini, biasanya kalo yang terlibat lebih dari satu anak (aku biasanya 2 anak, ato kalo ada tetangga ya jadi 3 anak) pasti akan menjumpai masalah…namanya juga anak-anak…nah, saat seperti inilah kita punya kesempatan ngajarin mereka bahasa yang sopan atau yang sebaiknya digunakan mereka, misal ada yang ngadu “tante, ini Rafif nakal nih ma..rebut guntingku!” (Maaf ya Asya, Rafif bukan nakal, hanya lupa peraturan saja, lupa tidak minta ijin dulu….kalo penyelesaian masalahnya? tentu saja serahkan lagi pada mereka..itu kan masalah anak..^_^). Untuk memperluas bahasa bisa kita memberikan komentar tentang apa yang dikerjakan mereka..boleh juga memuji keadaan yang sebenarnya..nah, kalo lagi maen bareng2 kan berarti mereka juga latihan sosialisasi dan bekerja sama dalam menggunakan alat. Terus, difoto nih hasil karya mereka, buat dipajang di blog…hahaha…itu kalo aku… pokoknya didokumentasikan lah gimana caranya…(mereka GR banget loh kalo hasil karyanya dipoto…merasa dihargai banget)..selain buat dokumentasi, digunakan juga untuk melihat perkembangan anak dari waktu ke waktu..pastikan memberi nama, dan tanggal membuatnya…

Pijakan Pengalaman setelah main

Nah, acara membuat kolase sambil menyisipkan informasi tentang bunga sudah selesai..ajak anak menceritakan pengalaman membuat kolase tadi..cara membuatnya, perasaannya senang atau tidak…menganalisa apakah bunganya ada kelopak bunganya tidak…ada putiknya tidak, dsb yang pada intinya sih mengingatkan kembali bagian2 bunga sambil menuliskan ulang lagi …dah gitu beres-beres deh…memisahkan mana yang tidak terpakai, mengembalikan gunting dan lem ke tempatnya…berdoa sesudah bermain…

Nah, kalo mau ngenalin profesi yang berkaitan dengan bunga (penjual bunga, tukang rias pengantin, ahli merangkai bunga, tukang potong bunga, petani bunga,dll) lebih pas kalo sambil bermain peran.

Mudah-mudahan bisa lebih dipahami…kalo masih bingung juga…hihhi maaf banget , nanti kalo ketemu kuceritain aja …..

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, Mama. Tandai permalink.

11 Balasan ke Contoh pijakan bermain

  1. vienna berkata:

    mba, bisa diterapkan pada orang dewasa ga mba, kira2 :P

    ibu yang kreatip,, salud.com wes..

  2. Rully berkata:

    wahahaha…, aku jadi tersanjung..
    maturnuwun mbak, jazakillah khairan katsira… amal shalih yang insyaAllah terus mengalir kebaikannya… :)
    PS: tapi aku belum baca postingan sampean ini mbak hihihi…. baru baca paragraf pertamanya doank hehehe

  3. Rully berkata:

    hehehe… sudah kubaca mpe tuntas mbak… sipp dah… semoga aku bisa menerapkannya untuk fani-ku sayaang…
    chayo for myself….
    Suwun yo Mbak…

  4. yudhistira31 berkata:

    +++Vien…coba saja deh ke temenmu, kalo berhasil, kasih tau aku ya…^_^, oya vien, cara2 di atas itu sebenere awalnya aku diajarin oleh Rahma (di sekolah begitu katanya), jadi karna penasaran dan ga pingin diprotes anak2, aku cari tau sana-sini (ngamatin ke sekolah juga dan baca2 teori buku Istiqlal).

    +++waduh rul..komen keduamu ini yg kutunggu2, harap2 cemas gitu, takut ga terdeteksi juga…selamat mencoba, …oya ada satu hal yg aku lupa ga nyebutin “yang paling penting lagi, suasana hati kita juga harus bener2 lagi lega…”

    +++dona,puasa ga punya energi buat ngetik ya??? ato lagi males ngetik ???^_^

  5. Ping balik: PENDIDIKAN KESETARAAN SMKK « PENDIDIKAN KESETARAAN HOMESCHOOLING UJIAN PAKET C

  6. Rully berkata:

    hahaha… aku yang paling lemot di forum ini kali ya.. jadinya aku dijadiin indikator ama Mbak Devi.. Kalo aku paham apa yang ditulis Mbak Devi, berarti semua yang baca pasti paham… wikikik…
    Cuman guyon Mbak.. hehehe… becanda.. jangan marah yaaa…
    Suwun lho mbak… btw, aku durung tuku bukune.. oya, milis sharing club kita gimana, kok blm ada kabar?
    trims mbak…

  7. yudhistira31 berkata:

    nggak gitu, soalnya kan tulisan ini persembahan buat jeng rully…hehehe…la wong pas aku baca lagi postingan sebelumnya memang ga jelas gitu, mungkin itu karena inti2nya saja..dan yg pasti fokus yang menjadi target utama mungkin para bu guru…jadi wajar dong kalo kita bingung..hihihi…

  8. bundagaluh berkata:

    Nah ini nih yang tidak pernah ada di aku..ga pernah pake tema. Asal aja…padahal kalo pake tema anak lebih fokus ya???
    thanks ya jeng…;)

  9. yudhistira31 berkata:

    mbak galuh, sebnarnya itu justru memudahkan kita lo cari bahannya..kalo anak-anak sih mereka seneng2 aja mau diajak main apa dan tentang apa…hnaya saja kita mungkin jadi tau tingkat ketertarikan anak ke bidang apa…

  10. Ping balik: HOMESCHOOLING KEJAR PAKET A KEJAR PAKET B KEJAR PAKET C PKBM PENDIDIKAN KEAKSARAAN | PASANG IKLAN GRATIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s