Belajar Angka Romawi

Postingan yang tertunda, baru ketemu di draft…lagi-lagi penyakit lupa eh mama devi…

Dalam perjalanan Rafif sibuk berusaha membaca tulisan besar yang ada di jembatan, bus, ataupun papan reklame… sementara Rahma sibuk membaca nama-nama jalan yang ada di papan nama jalan, ataupun papan nama di pertokoan. Sampai akhirnya menemukan sesuatu yang menarik buatnya. “Ma, ma, itu tadi jalan Kramat kok ada huruf-huruf V di belakangnya?”

Mau nggak mau dong akhirnya terjadilah perkenalan antara Rahma dengan angka romawi. Awalnya hanya angka 1-10 saja secara lisan. Ternyata Rahma diam-diam mencatat pembicaraan tersebut. Sebenarnya saya ingin menanyakan ke pihajk sekolah terlebih dahulu tentang hal ini, namun belum sampe sekolahan, Rahma sudah menganalisa angka Romawi yang ditulisnya itu. “Ternyata kalo angka Romawi ditulisnya paling banyak 3 kali ya ma? terus kalo dah 3 kali kok jadi di depan kenapa? (maksudnya pas angka 4=IV, atau 9=IX)” waduh, bingung jawabnya, jadi mama terpaksa jawab versi jaman dulu pas mama belajar angka romawi ini, “iya kalo 4 berarti 5-1, kalo dikurangi angkanya ditaroh depan” (salah nggak sih…???)”

“Ya,ya, aku ngerti ma…aku mau nulis2 dulu, mama kasih tebakan angkanya, angka yang biasa, nanti aku yang nulis angka romawinya”

Alhamdulillah, lancar…angka kisaran 1-35 , sampai dia nanya kalo 50 cara nulisnya gimana….ah, kalo ini kenapa aku lupa ya? ayah juga lupa2 inget, takut salah, akhirnya kutelpon deh teman kantor untuk memastikan, ternyata pada lupa2 inget juga, (cuman inget ada L, M, C, D, tapi pastinya mana kita ragu…) ya sudah deh, dipending dulu dengan permintaan maaf kepada Rahma, berjanji mau cari tahu untuk memastikan informasi mengenai angka Romawi ini.

Yah, lewat deh kesempatan emas…gara-gara mama gatau…maaf ya Rahma.

Tapi ngomong2 belajar angka romawi ini sebaiknya umur berapa sih???

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, Kakak Rahma. Tandai permalink.

13 Balasan ke Belajar Angka Romawi

  1. dona berkata:

    Di Microsoft excel, kita bisa dengan cepat mengubah angka latin seperti 1, 2, 3, 4 dan seterusnya menjadi angka romawi seperti I, II, III, IV, V dan seterusnya.
    Konversi Angka Latin ke Angka Romawi

    semoga bermanfaat,…

    salam, :) :D
    dona

  2. galuh berkata:

    wah wah wah kak Rahma hebat dan cerdas deh…

  3. yudhistira31 berkata:

    Sayangnya kalo nanya seringnya kalo lagi di mobil…kita gabisa browsing cari informasi, bisanya ‘phone a friend’ biarpun ternyata ga ada jawaban pastinya…
    makasih ya pak dona informasinya.

  4. ariq fernanda berkata:

    Than’s kak, di sekolahku juga di ajarin tentang bilangan Romawi….salam kenal dari Ariq

  5. yudhistira31 berkata:

    salam kenal juga ya bang ariq
    aku kelas 1 MI sekarang di istiqlal
    rahma

  6. dian i berkata:

    bagus saya suka

  7. egman berkata:

    Thanks buat Pak dona… baru tau kalo di excel bisa convert ke angka romawi..
    sangat membantu buat anak saya

    Thanks

  8. Putri Ramadhani berkata:

    kaka aq minta lagunya,.. gmana tu yg papa, mocha, ma lagi 1 apa, aq lpa,..
    bguz, kk,. :’)
    terharu saya,.

  9. kok enggak sampai habis \sampai 500 sih tapi
    SAYA SUKA

  10. wawan berkata:

    Hatur nuhun, dah bantu dafa mengenal angka romawi, bu…ditunggu sharing yg lainnya….sukses !

  11. mimi berkata:

    terima kasih sudah membantu saya untuk memahami angka romai

  12. mimi berkata:

    knp engga sampai habis cuma sampai 100 tapi saya suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s