Belajar membaca sambil Bermain Balok

Ada postingan yang tertunda dalam rangkaian belajar membaca-nya Rafif. Waktu itu Rafif minta main balok ditemani ayah (nggak tau kenapa, mama paling gabisa yang namanya main balok dan membuat bangunan atau kreasi lainnya dari balok, kayaknya mati gaya dalam hal ini, dan hasilnya selalu bagusan Rafif dan kreatifan Rafif).

Setelah bangunan jadi, ayah mencoba mencari tahu bangunan apa yang dibangun Rafif, dan tentu saja jadi terbersit ide buat memasukkan kegiatan belajar membaca dalam permainan ini. Jadilah ayah dan Rafif bekerjasama buat menuliskan nama bangunan/barang yang sudah disebutkan Rafif dan ditulis di kertas kecil, lalu Rafif yang menempelkan ke tempat yang sesuai dengan tulisan dalam kertas. Misal : mobil truk, jembatan, stasiun, tempat parkir. Rafif jadi semangat buat berusaha belajar membaca tulisan-tulisan itu, soalnya sambil mainan balok dan mobil-mobilan.

Oya, permainan balok ini sangat perlu loh buat anak-anak, banyak sekali unsur pembelajaran yang bisa diambil dari bermain balok ini…(harganya lumayan sih). Nanti kapan-kapan saya ingin posting tentang manfaat dari permainan balok ini…ditunggu ya…^_^

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Permainan. Tandai permalink.

8 Balasan ke Belajar membaca sambil Bermain Balok

  1. Marisska berkata:

    Rafif & Rahma ditungguin kok ga dtg kmrn? :)

  2. yudhistira31 berkata:

    maaf mbak…ternyata kita ga pede dateng ke sana…^_^…ada yang pemalu di keluarga yudhistira…

  3. dona berkata:

    info dan tanya :
    hari ini rafif terlihat agresif saat jurnal pagi,
    terlihat excited
    ada apa ya,…

    wassalam, :)
    dona

  4. yudhistira31 berkata:

    hm…ada apa ya, bingung juga kita…^_^
    agresif-nya yang positif apa negatif ? soalnya tiap pagi hampir selalu ada insiden ‘berantem’ sama kakak di mobil…atau…
    sepertinya dia sedang senang ngeprint gambar2 robot serial Lego Exo Force di kantor ayahnya dan sibuk membawa gambar itu kemana-mana sambil ngapalin nama2 tokohnya…(jangan2 dia punya harapan dibelikan juga…^_^)

  5. Ayah Haniya berkata:

    Pak, kemarin saya nemuin fotonya anak-anak di depan ruang kerjaku. kalo mu diambil siang ini mampir ya… tapi kalo saya lagi tugas keluar nanti fotonya saya titip bu Lia.
    Kasmudi
    ###makasih banyak ya pak, nanti saya mampir, insya Allah###

  6. Ayah Haniya berkata:

    harga baloknya berpa ya pak… saya punya rekanan yang jual alat permainan anak-anak, barangkali ada orang tua lain yang butuh kontak saya di sekolah aja.
    ****pak, kita kan belinya ke sekolah ^_^ dulu sih harganya Rp. 375.000 ,nggak tau kalo sekarang, teman2 yang pada pengen punya bisa beli di sekolah loh, hubungi Pak Kasmudi ^_^ Ternyata banyak yang gatau di mana belinya*****

  7. Ayah Haniya berkata:

    kelupaan…
    21 agustus 08 nanti kan mu ngadain penunjang tema berupa pengenalan gizi ke anak-anak RA, saya dah coba beberapa dr gizi untuk dateng tapi belum ada jawaban. bisa bantuin nggak ya … tapi sebagai sukarelawan sekolah, alias gratisan…
    selain itu… habis penyuluhan gizi juga ada pemeriksaan kesehatan untuk anak, Alhamdulillah sudah ada 3 dokter yang bersedia.

  8. dona berkata:

    O IYA, . . saya belum jelasin, rafif agresif apa . . .

    kemarin rafif keliatan ceria, semangat dan aktif (berpindah-pindah tempat) pada saat bermain lego (jurnal pagi).

    agresifnya positif ko’ . . . :) :D
    O:-)

    wassalam,
    dona

    ###berarti penyebabnya, dia baru aja dapet bonus, tiba-tiba jadi punya robot lego (karena ayah Yudi yang mupeng banget pengen beli, padahal Rafif si enggak pengen2 amat, jadi ya kayak ketiban rejeki)###

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s