Bermain Peran, pembelajaran asyik buat anak

Anak-anak sangat senang bermain peran (alias main pura-puraan/jadi-jadian). Ada dua jenis bermain peran, yaitu mikro dan makro.

Bermain peran mikro, anak-anak belajar menjadi sutradara, memainkan boneka, dan mainan berukuran kecil seperti rumah-rumahan, kursi sofa mini, tempat tidur mini (seperti bermain boneka barbie). Biasanya mereka akan menciptakan percakapan sendiri.

Dalam bermain peran makro, anak berperan menjadi seseorang yang mereka inginkan. Bisa mama, papa, tante,polisi, sopir, pilot, dsb.

Saat bermain peran ini bisa menjadi ajang belajar bagi mereka, baik belajar membaca, berhitung, mempelajari proses/alur dalam mengerjakan sesuatu, mengenal tata tertib/tata cara di suatu tempat, yang semua ada dalam kehidupan kita. Tentu saja kita hanya cukup memberikan informasi sebelum mereka mulai bermain, dan atau lebih bik kalo kita terlibat dalam permainan tersebut agar kita bisa menggali imaginasi dan mengenalkan informasi yang ingin kita kenalkan.

Misal : Kita ingin mengenalkan tentang Ikan (jenis, bagaimana ikan bisa terhidang di meja makan, kandungan gizi,profesi halal). Layout tempat bermain peran ini bisa diatur sedemikian rupa menjadi beberapa tempat yang berfungsi sebagai rumah, pasar, pantai, jangan lupa selalu sediakan space untuk masjid. Sediakan peralatan yang mendukung, tentu saja boleh buatan sendiri misal pancing-pancingan, jala-jalaan, kotak dijadikan sebagai timbangan. Harus ada uang mainan (tanamkan konsep bahwa agar ikannya halal untuk dimakan harus dibeli menggunakan uang) Kenalkan proses distribusi mulai dari ikan ditangkap nelayan, dijual ke pasar ikan, dibeli oleh pembeli dan dimasak oleh ibu (secara tidak langsung mengenalkan profesi halal). Saat makan, informasikan kandungan gizi apa saja yang ada dalam ikan. Untuk menuansakan agama, selalu diupayakan ada adzan di sela-sela mereka bermain, tidak lain membiasakan anak untuk berhenti bermain, melaksanakan sholat berjamaah, sesudah itu boleh meneruskan bermain. Pasang tulisan informasi jenis ikan (misal di kotak tempat ikan di pasar), nama tempat (masjid, pasar ikan, rumah keluarga Amir). Kalo unsur berhitung, bisa saat menghitung ikan yang ditangkap atau yang dibeli….tentu saja semua informasi dikenalkan melalui percakapan antar pemain….hm..benar-benar belajar yang mengasyikkan….

Bagaimana menurut anda ?

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, Permainan, Umum. Tandai permalink.

7 Balasan ke Bermain Peran, pembelajaran asyik buat anak

  1. Diny berkata:

    wah iya ternyata dengan bermain peran bisa blajar lebih banyak dari yang saya bayangkan….thanks ya Mba…..

  2. indri berkata:

    tolong diberi penjelasan mengenai pembelajaran bermain peran

  3. yudhistira31 berkata:

    maksudnya bagaimana ya mbak Indri, apa cara bermainnya, percakapannya atau bagaimana cara menyisipkan pembelajaran itu sendiri? Pada intinya dengan bermain peran banyak sekali konsep2 yang bi kita tanamkan pada anak, secara tidak langsung anak jadi belajar tentang sesuatu (tentu saja kita yang harus kreatif mengarahkan kepada apa yang ingin kita sampaikan ke anak)

  4. andi rusdi berkata:

    salam kenal, blog yang memberi pencerahan rohani. bisa dilink blogku di http://anrusmath.wordpress.com/

  5. Devi yudhistira berkata:

    salam kenal juga pak guru andi..

  6. ELFAS berkata:

    Tolong diberikan penjelasan tentang pengertian model pembelajaran bermain peran, kekurangan, kelebihan serta saran yang untuk penerapan model pembelajaran ini. Terima kasih ….

  7. jo berkata:

    so, artinya setiap langkah adalah permainan yang membawa hikmah jika kita berpikir tentang itu. gitu ya mbak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s