Belanja Bahan membuat Praline

Mohon maaf, Postingan yang tertunda :

Setelah browsing sana-sini tentang cara membuat praline, dan semua artikel yang ada bilang “cukup mudah”, semakin penasaran untuk praktek membuat praline bersama anak-anak. Momen ulang tahun Syafa membuat saya berbelanja membeli segala keperluan yang berkaitan dengan membuat praline.

Nanya ke bu Ade (teman kantor yang sering membuat kue pesanan), dikasih tau kalo mau nyari yang lengkap di Toko Ani, di Jl. Gunung Sahari I, Senen…kebetulan dari kantor deket banget, terjangkau dengan jalan kaki (agak lumayan). Berdua dengan Ruly, kita menuju ke sana, sampai sana ternyata yang ada ‘bingung’ semua-semua pengen dibeli…sampai pelayannya senyum2 melihat kebingungan kita. Biarpun tempatnya tidak terlalu besar, tapi menurutku si lumayan lengkap. Terbelilah sudah keperluan membuat praline, meski kaget juga ternyata “mahal”. Asyik juga karena mbak penjaga toko dengan senang hati menjawab pertanyaan2 kita (maklum, bener2 ga mudeng soal masak memasak), kecuali ‘kasir’ yang cukup membuat kita senewen kalo belanja di situ.

Bahan : Coklat putih merk Colata 1 kg, pewarna coklat, plastik pembungkus coklat, stick lolypop, cetakan (yang mahal cetakan dan pewarna, lebih mahal dari coklatnya..)

Caranya coklat ditim sampai cair rata, lalu diamkan sebentar, diberi warna, masukan ke cetakan.

Ternyata memang mudah, pas dicoba di rumah, Rahma dan Rafif seneng banget dengan hasil karya mereka (walaupun warnanya campur baur ^_^)…

Oya, kalo ada yang tau beli cetakan yang murah di mana kasih info ke saya ya…

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Mama, Umum. Tandai permalink.

42 Balasan ke Belanja Bahan membuat Praline

  1. Rully berkata:

    hai mbak, di-publish juga hasil karya dari coklat ini hehehe…
    hari sabtu kemaren, pas ada keponakan dari surabaya datang, aku praktekin tuh apa yang kita beli di Toko Ani.
    Aku pake 3 warna, kuning, hijau, merah (tapi jadinya pink). agak campur baur warnanya. mungkin karena cetakannya agak rumit dan harus pake kuas…
    Tapi alhamdulillah…, seneng banget pas liat hasilnya. Apalagi setelah aku ambil cetakannya dari kulkas, dan kuambil coklat dari cetakannya. Klek.., kok mudah banget ngambilnya… bener2 mudah… Gak ada lengket-lengketnya sama sekali. Gak kayak cerita Mbak Devi yang cetakannya mpe patah :p
    hehehe…
    Tapi yang ngabisin coklatnya anak tetangga. Sekali kremus 1 coklat abis… ckckck… fani ama afif (keponakan) gak begitu suka karena colatta kemanisan…
    Oke, trims mbak. Thank u so much for giving me such useful information and experience… :D

  2. yudhistira31 berkata:

    iya rul, ternyata patahnya gara2 kelamaan dimasukin kulkas sama pak yudi(semaleman) …jadi pas ngeluarinnya malah patah…tapi dah diganti kok sama pak Yudi ^_^
    Nyesel ga beli cetakan isi 10, tetanggaku pada tertarik semua…pengen beli..

  3. novy berkata:

    duh…asik banget tuh mbak! di jogja bisa beli dimana ya? Aliya suka banget dg coklat spt itu. Drpd beli buat sendiri lebih asik….

  4. yudhistira31 berkata:

    di DIY? wah, di toko kue dan asesoris kue pasti ada mbak…kalo buat sendiri bener2 murah dan yang penting anak2 bisa berkreasi sendiri, dan kalo mau bisa untuk dijual…^_^

  5. Rully berkata:

    wah, peluang bisnis tuuh Mbak…. Membeli dari toko di gunung sahari itu, terus dijual lagi ke tetangga mbak devi.. lumayan lah kalo bisa ganti ongkos angkot dan makan siang hehehe…
    Mbak Devi kan entrepeneur… ;)

  6. tatit berkata:

    tadi pagi bosku cari tau ttg praline, kbetulan aku punya bukunya tapi blm pernah praktek, hahaha…
    ga puas dengan minjemin buku, malam ini aku browsing ttg praline, bsk mau tak pamerin bosku, n coba praktekin juga mbak….

  7. rina berkata:

    Hi Mba…cuma mo kasih info aja nih..

    Klo di Toko Mira ( depan terminal depok ) utuk cetakan coklat harganya Rp 6.750.- all design ( update 10 feb 09 ). klo di toko ani brapa yach harganya sekarang?
    Tanya nih…emang ada yach bikin coklat praline, coklatnya+susu+mentega….emangnya bisa keras dan tahan lama????

  8. fay berkata:

    kayanya jadi hobi yang menyenangkan bareng anak2,menghasilkan duit pula…eh mbak,aku kan rencana mo merit,pengen kasih sovenir praline tapi bikin sndiri,ajari dunk mbak yang bagus gmna?sekalian cari box nya ma cetakannya dmn..thx b4 ya

  9. yudhistira31 berkata:

    ===Rina====trims infonya, semoga berguna buat teman-teman yg lain, soal buat dicampur mentega, saya pernah denger juga dari temen, katanya biar ga cepet beku saat proses mencetak..bener nggaknya kurang tahu deh…^_^
    ===Fay===Kalo untuk survey harga, di toko Ani Gunung Sahari I amat lengkap (bahan&box),mungkin beli bahannya bisa di tempat lain (pasar senen,misalnya). Sebenarnya saya pribadi ‘kurang paham’ bener soal per-praline-an, bisa menanyakan lebih lanjut ke teman2 lain yg lebih kompeten…oya, saya pernah liat buku ttg praline di gramedia, kalo ga salah harganya 20-rb-an, mungkin bisa membantu merealisasikan rencana fay…

  10. tien berkata:

    Salam kenal

    Aku m0 tanya donk mba, alamat lengkapnya toko ani dimana y? Klo dari terminal senen naek angkot apa?
    Trims ya . .

  11. tien berkata:

    Salam kenal

    Hi Mba . . ku m0 nanya nie mba,
    alamat lengkapnya toko ani dimana y? n klo dari terminal senen naek angkot apa?
    Trims ya . .

  12. yudhistira31 berkata:

    Hm, kalo ga salah Jl. Gunung Sahari I, dari terminal Senen tinggal jalan kaki aja kok,ke arah Jl Gunung Sahari Raya, nanti setelah lewat toko busa2 ada belokan ke kanan, masuk ke JL Gunung Sahari I nah tokonya toko ke2 sebelah kiri jalan (bukan seperti toko, kayak rumah biasa), toko pertama toko bahan2 kue, nah toko ani di sebelahnya mbak..

  13. Henny berkata:

    Lam Kenal ya mbak ….
    Kesanku sama niy kaya yang di tuturkan “fay” tanggal 12 feb kemaren.
    Aku juga rencana untuk memulai bisnis kecil-kecilan di bidang coklat praline ini. Mudah-mudahan aja bisa lancar dan suksez kyk mbak, coz mau ngejar setoran buat meridddd ^_^ he3X…
    Thx buanget buat info toko bhn2 coklatnya ya mbak….

  14. Henny berkata:

    Uupzzz….
    kelupaan niy, beli coklat merk “Colata”nya dimana ya bu ???

  15. devi yudhistira berkata:

    mbak henny, di toko ani juga ada kok…dan harganya ga beda jauh sama di senen untuk coklatnya aja lo…kalo mau banyak coba survey saja ke senen..selamat mencoba ya, semoga sukses…

  16. jayuz berkata:

    hi… klo aku biasa beli cetakan sama coklatnya di pasar jatinegara lantai bawah, dari tahun 2007 sampai feb 2009 harga cetakan coklat gak berubah tuh (gak tau ya sekarang) rp.6500 (tg ttc) yg merk tulip 7500, buayak lg sampe binun milihnya, trus harga coklat colatta jg paling murah deh kayanya 22rb/kg yg dark, 30rb/kg yg white (tanpa kemasan), aku sih biasa beli yg 5 kg jd 100rb yg dark, 125rb yg white, box2 praline jg banyak bgt deh, gak rugi deh kalo kesana..

  17. chitra berkata:

    aku mau minta dibeliin cetakan mauk gak?? soalnya kalo di semarang agak susah dapet cetakan yang lucu2.. jadi aq pgn dibeliin trus uangnya aq transfer..bisa??

  18. yudhistira31 berkata:

    mbak Chitra, pengen cetakan coklat peruntukkannya untuk bisnis praline atau untuk dipake sendiri?
    Setahu saya, kalau yg bagus yg merk Wilton mbak, harganya lumayan. Ada juga merk lain, harganya antara 20rb-35 rb. Selain kualitas plastiknya (awet) detail gambarnya juga bagus banget.
    Pernah liat di pasar cetakannya beda, memang harganya murah, pas kuamati, detail gambarnya memang beda banget, cuma kalau sekedar buat praktek anak-anak atau coba2 sendiri sih oke2 aja.
    Boleh2 aja kalau mau nitip, nanti bisa kontak saya via email.

  19. Ummu yahya berkata:

    Salam kenal mba.
    Kalau coklat yg kiloan itu dikirim ke kalimantan bisa ga ya? disini adanya yang 250gr harganya 11rb hitungannya kan jadi mahal ya.. Alat-alat dan box juga terbatas atau malah ga ada, padahal saya ada minat bisnis praline. Jika ada yg bisa membantu tolong email ummuyahya.aisyah@gmail.com, makasih ya mba..

  20. yulia berkata:

    salam kenal mbak devi, thank u buat tulisan pralinnya. Aku dah cb ketoko ani dan di cb hasilnya anak & suami suka sekali. Thak u ya :)

    • Devi Yudhistira berkata:

      Wah ikut senang mendengarnya mbak Yulia…
      Di balik kesenangan anak-anak, saya jadi punya masalah baru..anak-anak suka banget bikin pralinnya tp gamau makannya…kayaknya mesti diarahkan ke penjualan nih…hehehe :)

  21. Rei berkata:

    Hai, salam kenal
    aq baru aja nyoba2 jg, tadinya cuma buat ndiri, tapi temen2 pada mesen. tadinya pake coklat batangan bukan collata, mungkin itu kali ya pas dikeluarin dari kulkas, coklatnya agak2 lengket. trus, ada yang punya resep2 mudah n praktris trus murah g? bagi2 dounk infonya….

  22. mamaray berkata:

    kali lain ajak aku juga dong, Mbak….

  23. diana berkata:

    pengen coba juga buat praline. saya punya alat buat ngetim coklat elektrik sepaket dengan cetakan plastiknya.. belum pernah dicoba bikin praline di situ sih..

    nanya mba, kl kuas buat apa ya?
    terus masukin ke kulkasnya freezer atau lemari es biasa? berapa lama idealnya biar ga pecah?

    trus pewarnanya memang khusus ya? merk apa?
    makasi

    • devi yudhistira berkata:

      Mbak diana, kuas kalo ga salah hanya untuk meratakan saja di bagian permukaan cetakan suka ada ujung2 yang susah terisi coklat.
      Masukin ke fresernya bentar aja, cepet banget kok mbak.
      Pewarnanya, yang mengandung minyak. Biasanya orang2 pakai mrk Wilton kalo ga salah mbak.
      Maaf nih mbak, aku ga terlalu berpengalaman dalam hal ini, kami cuman coba-coba untuk mengisi kegiatan bersama anak mbak.

  24. dini berkata:

    salam kenal mbak devi,

    2bulan terakhir ini aku jg lg berbisnis praline.
    coklat (utk sementara pake tulip ~ white 40rb/kg dan dark 35rb/kg ~ kemahalan gak siy?)

    trus alat2 aku hunting di senen. untuk cetakannya 84rb/lusin.
    yg agak repot nyari boxnya.. hehehe

    lumayan bgt lho omsetnya, bs buat nambah2 celengan anak2..

  25. isni berkata:

    Aku lagi coba- coba cari bisnis isengan, kayanya bisnis praline boleh juga ya.
    Ada yang tau gak modal awalnya berapaya?

  26. mita berkata:

    maaf mbak, kalo boleh tau. harga semua dari bahan sampe alat alatnya berapa ya? aku mau bikin juga soalnya hehe thx

    • Devi Yudhistira berkata:

      Mbak Mita,

      Maaf mbak, saya sudah lama banget ga ke toko kue.
      Kalo cetakannya sih bervariasi..antara 20.000 sampe 35000 (mungkin mbak bisa liat di web-nya WILTON). Kalo yg di pasar tradisional juga ada cetakan versi murahnya, cuman kurang bagus detailnya mbak..
      Pewarna coklat juga pake wilton, coklatnya sekitar 16-20rb-an kalo ga salah yg ukuran 1/2 kg kali ya (maaf, agak lupa)

  27. sabrina berkata:

    mbak , minta tolong ,saya ada di sidoarjo ,kalo mau beli cetakannya kira2 alamatnya dimana ?

  28. retno berkata:

    Mbak, saya juga sedang browsing ttg praline, soalnya ada rencana mau bikin usaha praline di kotaku yang sepertinya belum ada yang bikin. kalo ada buku panduan mungkin mbak bisa kasih advis

  29. githa berkata:

    di toko ani jual coklat batangan yang tanpa pemanis ga?

  30. ellen susanti berkata:

    Buat temen- temen yang mau bisnis praline coklat atau coklat edible ( coklat yang toppingnya ada foto sendiri boleh menghubungi ellen (0811235498,022-91625879) thx di tunggu yach.

  31. ambar berkata:

    ciee..mba devi jadi pakar praline neh, hehe…
    ajarin dong mba bikinnya, kebetulan aku baru mau nyoba bikin nih…

  32. Ega Syaikhan berkata:

    Asalamualaikum mb..aku mo coba2 bisnis praline..Toko Ani itu di senin di sebelah mana ya kebetulan aku dari arah pasar baru….Terus kalo membuat coklat praline campur mentega n susu lagi ga..

  33. Aprian Herlambang berkata:

    mbak aku mau nanya dong ini lagunya siapa yh ???
    trims
    salam :)

  34. lina berkata:

    mba klo di jogja toko yang menjual cetakan coklat d mana aja?????

  35. cubidabb berkata:

    mba :) buat pewarnanya ditoko ani itu berkisar harga berapa ya? katanya pewrna merk wilton itu mahal.. dan ada yg ngusulli beli coklat yg langsung berwarna..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s