Tahapan bermain balok

Balok adalah potongan-potongan kayu yang polos (tanpa cat) sama tebalnya dan dengan panjang dua kali atau empat kali sama besarnya dengan satu unit balok.

Semua anak akan melalui tahapan dalam bermain menggunakan balok :

  1. membawa balok-balok berkeliling , anak-anak pada mulanya seringkali mengangkat balok sambil membawanya berkeliling, dengan demikian mereka belajar tentang balok misalnya berapa berat balok tersebut, bagaimana rasanya dan berapa banyak bisa diangkat sekali jalan.
  2. memancang balok atau menidurkannya di lantai, kadang balok diletakkan mendatar di lantai tanpa bersinggungan satu sama lain, anak masih belajar karakter balok tsb, bagaimana meletakkan yang satu di atas lainyya untuk membuat menara. Jalan seringkali merupakan tradisi dari tahap bangunan lurus sampai membuat bangunan berikutnya.
  3. Cara baru menyambung balok : memagar, jembatan, pola-pola dekoratif dan kejelian membanding. Mulanya anak akan senang memagar dengan teknik baru, membuat pagar adalah suatu pengalaman yang menyenangkan, kemudian pagar dapat digunakan untuk permainan dramatik. Memagar mengarahkan anak-anak untuk mengenal bentuk-bentuk geometrik dan lapangan. Membuat jembatan dengan dua balok ditancapkan dalam posisi antara satu dan lainnya diberi jarak lalu jarak ini dihubungkan dengan satu balok lagi di bagian atasnya.
  4. memberi nama bangunan, menggunakan dan mengembangkan bangunan, begitu mereka memiliki pengalaman, untuk umur 4 sampai 6 tahun, anak-anak mlai memberi nama bangunan yang mereka buat.

Cara untuk menyelamatkan bangunan balok adalah mengabadikan dalam foto. Bila tidak memiliki kamera, dapat dibuat sketsanya. Ini akan memberikan kesan kepada anak-anak bahwa bangunannya dianggap bermutu.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, Permainan, RA Istiqlal. Tandai permalink.

4 Balasan ke Tahapan bermain balok

  1. risa berkata:

    Halow. saya mama ifa (3th). Kebetulan saya sedang mencari balok kayu (tanpa cat), persis fotonya seperti di atas, dimana ya dijualnya?

  2. yudhistira31 berkata:

    Mama Ifa, saya membeli di sekolah Istiqlal mbak, coba saja hub di email haniku.aqila@gmail.com

  3. eka berkata:

    asslm…kebetulan mba..masalah balok, apa mba punya buku2/ sumber2 yang berhubungan dengan teori balok untuk anak usia dini..terimakasih, tolong bls ke emailku ya

  4. atin fatimah berkata:

    sy sdng melakukan penelitian ttg balok.butuh referensi dr kemdiknas,tp cari2 di internet tdk ketemu.mhn infonya mbak..by email juga boleh…yg ini saja gazaalfarabi@gmail.com
    trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s