Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfaal Istiqlal Jakarta

Pendahuluan

Kelompok Bermain dan RA Istiqlal menggunakan sistem pembelajaran “Bermain Sambil Belajar Integrasi Pendidikan Agama” melalui pendekatan “Beyond Centers and Circle Times (BCCT)” / sentra dan saat lingkaran. Melalui sistem ini, anak diberikan kebebasan untuk bereksplorasi dan bereksperimen, sehingga dengan bimbingan Allah, anak akan memperoleh dan membangun pengetahuan yang akan menjadi bagian dari dirinya.

Tujuan

Membantu meletakkan pendidikan dasar keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah serta seluruh aspek kepribadian (ESQ) yang diperlukan anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya.

Fungsi

  1. sebagai percontohan dalam memfungsikan kegiatan bermain sambil belajar integrasi pendidikan agama Islam untuk menanamkan akidah/akhlak sejak dini, dengan menggunakan sentra-sentra bermain.
  2. sebagai contoh penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) di dalam dan di luar lingkungan masjid, sekaligus mnanamkan kecintaan anak kepada masjid sejak dini.
  3. sebagai tempat observasi, magang dan pelatihan bagi pendidik, pengelola dan pemerhati pendidikan usia dini (TPA-Kelompok Bermain-TK Islam/RA-Satuan PAUD sejenis)
  4. menyelenggarakan konsultasi pendidikan agama untuk anak usia dini.

Tenaga Kependidikan

Guru-guru yang berpengalaman dalam bidang pendidikan anak usia dini, di bawah binaan Ibu Hj. Nibras OR. Salim

Metode Pendidikan

Menggunakan metode pendidikan Bermain Sambil Belajar Integrasi pendidikan keimanan dan ketaqwaan dengan pendekatan BCCT, melalui sentra-sentra bermain.

1. Sentra Ibadah

2. Sentra Main Peran

3. Sentra Bahan Alam

4. Sentra Balok

5. Sentra Persiapan

6. Sentra Musik dan Olah Tubuh

Hasil pendidikan yang hendak dicapai

  1. anak mengenal diri dan mengagumi alam sekitarnya sebagai makhluk ciptaan Allah
  2. anak dapat mengenal sifat-sifat Allah (Asmaul Husna) sesuai dengan kemampuannya
  3. anak dapat menirukan dan melakukan gerakan dan bacaan shalat, ikrar, doa harian, kalimat thayyibah sesuai kemampuannya
  4. anak dapat mensyukuri rahmat dan nikmat Allah SWT dengan cara yang sesuai dengan aturan agama dan sesuai dengan kemampuannya
  5. anak mengenal bahwa Allah Maha Pengasih dan Penyayang memberi kemampuan untuk bermain sambil belajar dengan berbagai macam alat permainan untuk mengembangkan kemampun di bidang keimanan, ketaqwaan, dan berakhlak mulia melalui bidang pengembangan pengetahuan dan teknologi
  6. anak dapat melakukan dan mengekspresikan segala macam daya kreasinya sebagai anugerah dari Allah SWT.
  7. anak senang belajar sambil bermain, mencintai ilmu dan ingin belajar terus menerus

Hari dan waktu belajar

Hari : Senin sd Jumat

Jam : Kel Bermain 08.00 – 13.00, Kel A dan B 08.00 – 14.00

Informasi lebih lanjut : 021-3500711 Fax.3459525

Sumber : Brosur TK Istiqlal

Tulisan ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

39 Balasan ke Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfaal Istiqlal Jakarta

  1. nenden fitri berkata:

    saya adalah tenaga pengajar baru di kober daerah saya, saya minta bantuannya untuk dikirimkan buku, atau panduan yang baik untuk mrngajar anak-anak seusia dini. terima kasih sebelumnya.

  2. ratih berkata:

    saya tertarik untuk membuat kelompok bermain..bagaimana jika saya fransice usaha ini..saya tinggal di samarinda..

  3. yudhistira31 berkata:

    Mohon maaf, kalo untuk informasi mengenai hal tersebut bisa hubungi ke Humas RA Istiqlal langsung. Saya hanya salah satu dari murid di RA Istiqlal.

  4. alvian nasution berkata:

    As. Wr…
    perkenalkan saya pak nasution, tinggal di daerah Muara Karang. saya mempunyai anak umur 2,7 bln, dan 1, 5 bln. saya ingin menanyakan alamat kelompok bermain khusus Muslim yang dekat daerah kami tinggal. karena dilingkungan kami kebanyakan yang ada adalah KB Non Muslin . saya sangat berterima kasih bila Bapak/ Ibu dapat membantu saya dalam hal ini.

  5. leny berkata:

    assalamu’alaaikum.wr.wb

    salam kenal . saya sudah browsing data anda trimakasih. tapi saya boleh minta info tentang referensi karya-karya tentang sentra? judul buku dan pengarangnya? atas bantuannya trima kasih.

  6. Farida Nur berkata:

    Saya seorang pendidik di lingkungan PAUD juga dan kebetulan pernah mengunjungi RA Istiqlal,dan saya sangat salut dan ingin sekali meniru kesabaran dan ketelatenan guru-gurunya dalam memberi pengajaran kepada anak-anak. Dan untuk melatih menggunakan kalimat positif yang sangat sulit tapi saya tetap berusaha, kebetulan juga di lembaga kami juga telah menggunakan metode yang sama. Dan Insya Allah kami akan selalu berusaha untuk sabar dan telaten serta menggunakan kal yang positif pada anak didik kami. Amin. Doain ya….. from Jogja

  7. aryudillah berkata:

    saya baru belajar ttg pendidikan anak,dan banyak teman yang berkata kalau di tk istiqal bagus juga merupakan contoh bagi tk di jakarta. apa kelebihannya ya? dan apakah saya dan teman2 bisa observasi di sana. salam kenal

    • devi berkata:

      Kelebihannya, menurut saya ya..(blm tentu sama dgn yg lain), selain anak-anak yg belajar, kami sebagai ortu jg banyak ikut belajar, tentang bgmn mengenalkan konsep2 Islam dan bagaimana membiasakan anak agar berakhlak mulia.
      Kalau mau observasi, silakan langsung menghubungi RA Istiqlal via telepon, agar bisa dijadwalkan karena banyak sekali yg berminat utk observasi dari seluruh nusantara. Salam kenal juga…

  8. utami berkata:

    saya senang dengan adanya blog ini karena saya ingin banyak tahu tentang sentra yang telah diterapkan di tk istiqlal ini. jika saya ingin tanya lebih jauh tentang sentra yang ada disana, apakah ada alamat email yang bisa dihubungi?terimakasih

  9. devi yudhistira berkata:

    silakan hubungi ke email haniku.aqila@gmail.com (bpk Kasmudi)

  10. fatma berkata:

    salam kenal dari pengelolah kb nadya di bulukumba,sul-sel. kalau bisa ditampilkan kurikulumnya yang 2009

  11. Nurlaili berkata:

    Assalaamu’alikum…
    Saya baru membuka KB & TK di tahun ajaran ini (2009-2010). Kalu tidak keberatan, tolong kirim SKH & SKM untuk kelompok Bermain. Mudah-mudahan dapat menjadi sumber inpirasi dalam memadukan kegiatan yang saya rencanakan.

    Syukron

  12. achmad effendi berkata:

    salam kenal pak… sya kepingin dikirimkan skh,skm,skt sekolah kami bru menamatkan angkatan pertama kami masih butuh informasi yang banyak untuk memajukan sekolah kami tolong dikirimkan lewat email kami dan setiap kami ikut pelatihan di kab. gowa selalu di sebut 2 sekolah istiqlal sy jkd penasaran , jadi bantulah kami spya bisa tercapai cita cita kami ini sebagi kepala tk di kab,gowa aminn. trims

  13. Dyah Juni Ratri berkata:

    Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali bagi saya, kalau boleh tanya apa untuk Kelompok Bermain juga ada akreditasinya? dan bagaimana dengan bentuk SKM dan SKH di Kelompok Bermain, apa sama dengan TK? Terima kasih sebelumnya

  14. dila` berkata:

    infonya bagus sekali.. saya memang sedang bingung mencari kb untuk anak saya. btw boleh tau berapa harga/biaya yang diperlukan? serta apakah ada persyaratan umur?
    terima kasih

    • yudhistira31 berkata:

      mbak dila, biayanya tiap tahun berbeda-beda sepertinya, untuk tahun ajaran 2010/2011 sepertinya mau dibuka bulan Januari, silakan langsung menghubungi Bpk Kasmudi saja mbak, email ada di atas mbak…

  15. rafika berkata:

    ass
    saya banyak baca dan dengar tk istiqlal merupakan tk percontohan saya sangat tertarik sekali untuk dapat mengenalnya lebih jauh, karena kebetulan saya baru akan merintis membuka tk di daerah rumah saya. pertanyaannya sekarang, bolehkah saya diberi kesempatan untuk magang di sekolah bapak??adakah biayanya??mdh2an sih bisa gratis ya pak..mohon dijawab terimakasih..

    • yudhistira31 berkata:

      Alhamdulillah, semoga Allah mempermudah langkah mbak Rafika.
      Mengenai magang, hm..mungkin semacam observasi kali ya mbak, memang ada, hanya saja pada waktu2 tertentu saja, biasanya mendaftar dulu mbak untuk mendapat jadwalnya, silakan telpon langsung saja ke sekolah mbak.

  16. widya berkata:

    ass.. bisa lebih dijelaskan lagi tentang model pembelajarannya yang menggunakan sentra?? karna sy kurang paham dan kalo bisa dengan foto kegiatan pembelajaran. tolong kirim ke email sy y?? Jazakumullah . . .

    • Devi Yudhistira berkata:

      Mbak Widya,

      Untuk lebih jelasnya, mbak bisa berkunjung saja ke RA Istiqlal,
      ada juga program observasi kok.

      Silakan menghubungi humas Madrasah Istiqlal.
      Informasi lebih lanjut : 021-3500711 Fax.3459525

      Trimakasih .

  17. Adek Aziz berkata:

    Assalamu’alaikum. Saya dengar di Istiqlal sekarang ada juga Tempat Penitipan Bayi/Anak, apakah benar demikian? Terima kasih. Wassalam.

  18. Retno Wikaningtyas D. berkata:

    Mohon info, selain no telp/fax. apakah humas madrasah istiqlal punya alamat email yang aktif ? Saya ingin cari info untuk study banding, trimakasih.

  19. Amalia berkata:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. kami dari YIC Adz-Dzikra kediri telah mendirikan KB sejak tahun 2007, tapi baru tahun 2010 ini menggunakan metode pembelajaran sentra, untuk itu bisa dikirimkan SKH dan SKM untuk pembelajaran para guru di KB kami, Syukron Jazilan

  20. Rencananya, kami rombongan dari Tasik berangkat untuk magang ke Istiqlal sore ini, mudah-mudahan semuanya lancar sehingga kami (terutama saya pribadi ) bisa mengambil hikmah & pelajaran untuk kemajuan pendidikan anak usia dini. Aamiiiiiiin…
    Syukron atas kesempatannya……………..

  21. rahadian berkata:

    ass. mb devi, KB dan RA Athfaal Istiqlal Jkt tuh ada taman penitipan untuk bayi jg ya??mulai umur brapa bayi bisa dititipin?klo boleh tau jg kisaran biayanya brapa ya?mkasih..

  22. bambang ludiro berkata:

    Ass.wr.wb. bp/ibu penyelenggara pendidikan TK dan SD/MI
    Saya mohon informasi tentang pendaftaran masuk TK dan MI baik itu brosur atau sejenisnya. tks
    wass. bambang ludiro

  23. Devi berkata:

    anak saya, sudah 3 tahun belajar di TK yang berbasis Sentra seperti ini. Alhamdulilah hasilnya baik sekali. — kalau bisa TK seperti ini diperbanyak :) Istiqlal hebat euyyyy.

  24. Nurlita Anggraini berkata:

    Assalamualaikum
    Dear manajemen Raudhatul Athfaal Istiqlal Jakarta
    saya sdh pernah mendengar sekolah ini dari teman2 yg memang anak nya sudah disekolahkan disana
    hanya untuk memastikan lagi untuk penggunaan bahasa sehari-hari apakah bahasa inggris juga diberlakukan disana?

    wassalam

  25. bambang trisoelo berkata:

    Assalamu’alaikum wr wb

    Kami PAUD Fatimah mengajukan magang untuk pendidik dan menejemen,
    Kapan ada pendaftaran dan syarat seperti apa
    terimakasih,
    wassalamu’alaikum wr wb

  26. Rifka berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kami dari PAUD Tarbiyatul Athfal Cisalak Subang, rencananya mau mengadakan study banding ke PAUD Istiqlal hari selasa, 24 Januari 2012, masih bisa ga?Syukron

  27. sylvi berkata:

    assalamualaikum…
    sy bru jadi pengajar di kelompok bermain Bumi Gora di NTB,,, kl boleh… apa bs dkirimin contoh RKH yg memakai pendekatan BCCT, karena di tempat sy ngajar pnulisn RKHnya kurang sy pahami,,,

  28. yuyun berkata:

    aslm.bunda salam kenal dari saya.saya mohon penjelasan dan keterangan tentang bahan pelajaran di setiap sentra apa saja yah bun?skarang kan temanya negaraku,saya lagi bingung untuk pelajaran di sentra bahan alam,dan seni peran,membahas tentang pa ya bun yang sesuai dengan tema tersebut?kebetulan saya megamg sentra ini.bu yuyun

  29. yuyun berkata:

    saya senang sekali bisa berkenaln dengan mba,dan saya ingin terus mencari dan menggali informasi seputar pendidikan anaak dari emba,boleh kan.asal jawab responnya janagn lama-lama yah mba?makaasih.

  30. Nurlaila berkata:

    Ass,,,,Mb devi aku masih bingung dg metode sentra,tlg kirimkan contoh Rkh nya ya ? syukron Mb.

  31. fifi berkata:

    mba, untuk daerah cibubur apa juga sudah ada TK dengan sistem BCCT ini?? makasi infonya…

  32. uukurniawati berkata:

    ass…..bunda2 salam kenal,ingin rasanya berkunjung ke istiqlal namun apa daya…belum ada kesempatan,kami mohon diberi contoh rkm kober ya bun…dr uu (ra al wasiat cirebon)

  33. lina berkata:

    assalamualaikum bunda, saya ingin mencoba untuk memakai sistem sentra di paud saya. Bolehkah saya dikirimkan skh nya bun? terimakasih banyak sebelumnya. semoga menjadi investasi dunia akhirat

Berikan Balasan

