Bekal Sekolah Favorit

Untuk mengatasi kebingungan dalam menyiapkan bekal sekolah untuk anak KB/TK, Jangan khawatir jika anda tidak punya mbak/pembantu di rumah. Agar urusan bekal anak tidak menghebohkan di pagi hari, ada beberapa tips dari saya (berdasarkan pengalaman dengan 2 anak usia TK) :

  • Tanyakan pada anak sehari sebelumnya, bekal apa yang ingin mereka bawa besok. Sebaiknya diberikan pilihan saja, termasuk cara penyajian yang seperti apa yang mereka inginkan (tentu saja dengan mempertimbangkan bahan makanan yang kita miliki di rumah)
  • Tempat untuk bekal anak masing-masing punya 2 buah, demikian juga dengan tempat air minumnya. Hal ini untuk mengatasi siapa tahu anda lupa mengeluarkan tempat bekal dari tas sekolah sesampainya mereka di rumah. (kalo saya sering banget lupa, baru nyadar pas pagi-pagi, gawat)
  • Selalu sediakan bahan makanan seperti telur ayam/puyuh, mie (kalo bisa jangan mie instan), roti tawar, biskuit, bakso, udang, kentang, tepung untuk goreng. Kalo bisa sih hindari sosis atau nuget
  • Wajib tersedia : mentega, berbagai macam selai (kalau bisa beli yang kemasannya pake plastik, dan simpan dalam satu wadah khusus untuk berbagai selai ini), buttercream, keju parut, keju lembaran, kismis, meisis berbagai warna, permen coklat warna-warni ukuran kecil2.

Pada awalnya saya membiasakan anak dengan bekal biskuit/coklat/kue yang bisa dibeli di swalayan, namun setelah ibu guru Istiqlal membahas permasalahan perilaku konsumtif anak yang ternyata banyak terpengaruh oleh kita (menurut saya, kalo bekal yang dibawa ke sekolah kita beli yang sudah kemasan, akan mempengaruhi anak menjadi suka jajan…mereka berasumsi, mama aja beli ini kok, berarti aku boleh juga dong), hal ini membuat saya memutuskan untuk membuat/menyiapkan sendiri bekal sekolah anak.
Memang sangat banyak buku mengenai bekal sekolah anak…namun buat saya yang memang tidak bisa/kurang suka memasak/tidak ada pembantu pula dengan 3 anak yang semuanya masih balita benar-benar tidak bisa dilaksanakan, meskipun semua yang ada amat sangat gampang dan waktu memasaknya pun cepat.

Contoh bekal favorit Rahma dan Rafif :

  • Nasi putih cetak + telur ceplok/dadar + keju, disajikan dengan cara yang dipilih mereka. Kadang nasi dicetak lingkaran, telur juga dicetak segitiga dan dijadikan topi. Menu ini bisa dipilih mereka 2 minggu berturut-turut loh…cuman penyajiannya yang beda-beda. Biasanya dicetak bentuk2 geometris, agar mereka juga sambil belajar mengenal bentuk geometris
  • Roti tawar + selai pilihan, disajikan seperti keinginan mereka. Biasanya mereka menyesuaikan dengan tema yang ada di sekolah. Saya selalu memilih selai dalam kemasan plastik dan ujungnya digunting sedikit sekali, jadi kalau ujung lainnya ditekan bisa untuk menggambarkan bentuk tertentu, seperti bunga, balon, ikan, planet, Ka’bah,dll. Hasil buatan saya ini sebenarnya tidak sebagus buatan ayah Yudi, namun mereka cukup menghargai kemampuan mamanya yang pas-pasan dalam menggambar…
  • Roti tawar + meisis warna, biasanya mereka minta roti diolesin mentega dan kita membentuk gambar dengan meisis warna. Misal gambar rumah, atapnya pake meisis coklat, pintunya hijau, dindingnya orange, pernah juga gambar balon warna-warni, gambar badut,dsb.
  • Kalo kesiangan….menu andalan telur puyuh goreng (diceplok…jadi telur ceplok kecil-kecil) atau telur ayam ceplok+nasi atau roti sobek-nya Sari Roti yang beli di abang2 lewat”

Tiga jenis makanan di atas adalah favorit mereka. Oya, komenter bu guru anakku ” Bu, Subhanallah, Rahma dan Rafif sangat bangga dengan rizki ke sekolahnya lo, selalu diliatkan ke teman-teman..apalagi kalo sesuai dengan tema di sekolah…”
Ah, aku jadi malu..ketauan deh bekalnya itu2 doang, tapi yang penting anakku senang, membuatnya juga gampang!!

Resep Bekal sekolah yang mudah dan praktis lainnya:

Bola-bola Coklat ala Rahma

Pisang Coklat Keju

Tempe Bintang

Tahu Isi Keju

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, cooking with kids, Umum. Tandai permalink.

27 Balasan ke Bekal Sekolah Favorit

  1. irma berkata:

    boleh dicontek resepnya, Mbak?

  2. yudhistira31 berkata:

    Silakan saja mbak Irma…mohon maaf kalo ada yang kurang, soalnya kalo urusan masak memasak saya menyerah…hehehe…gini deh kalo dari kecil ga pernah belajar masak..

  3. wah mbak tulisannya kok buram di komputer saya, emang colournya ga jelas ato mata saya yg error ?
    jadi susah bacanya…

  4. devi berkata:

    Mba..permisi mau copy resepnya ya…anak-ku juli ini insya allah mau masuk KB..kayanya enak & praktis deh..Makasih sebelomnya mba.

  5. yuli berkata:

    mbak aku bingung deh karena anakku plg susah sarapan umurnya 3thn & dia baru masuk preschool gmn ya mbak bujuknya kadang bekalnya cuma di makan 3 or 4 suap aja bete banget deh ada ide & saran ga mba tq

    • yudhistira31 berkata:

      Dear Mbak Yul…
      Kebanyakan teman2 mengeluhkan hal yang sama mbak…pada gamau sarapan.
      Apalagi anak yg PG..atau anak yg baru pertama sekolah. Biasanya lambat laun sih mereka semakin banyak makannya (makan bekalnya). Kalo masalah sarapan biasanya tetep aja males..
      Kalo aku sih mengganti menu bekalnya yg selalu padat, dan sarapannya cereal+susu, puding susu bahkan kadang buah.
      Oya, bisa juga dgn menghias2 bekal sekolahnya (agak ribet sih, tapi lama2 biasa kok) biasanya teman2 sekolahnya pada minta dibagi..tinggal kita bawainnya agak lumayan biar bisa dibagiin ke teman2nya, krn biasanya kalo temen2 mau, dia juga pasti semangat.
      Paling praktis …bilang/nitip pesan ke guru..anak2 biasanya lebih nurut apa kata bu guru daripada apa kata kita.. :)
      selamat berjuang mbak…tetap semangat ya…

  6. Ping balik: Bekal Sekolah : Telur Jepang « Belajar dari anak-anak

  7. Ping balik: Bekal Sekolah : Telur Doraemon « Belajar dari anak-anak

  8. elindasari berkata:

    Salam kenal mbak,

    Senang bisa mampir disini :)

    Best regard,
    Bintang

  9. Ping balik: Bekal Sekolah : Telur Puyuh Ceplok « Belajar dari anak-anak

  10. wiwien berkata:

    Wah sip banget resepnya..boleh dicontek ya mbak, kebetulan tiap hari aku bingung milih menu untuk bekal sekolah dhifa yg masih PG.makasih ya mbak.

  11. Muthia berkata:

    Makasih mba resep nya… saya kebetulan baru punya anak TK. Jadi lagi exciting menyiapkan resep

    • Devi Yudhistira berkata:

      Iya mbak, sama-sama….meski resep di sini pastinya sederhana banget, karena aku gabisa masak…

      Melihat anak-anak senang dan mau ngabisin bekalnya bikin seneng banget :)

      Alhamdulillah, sekalian membiasakan mereka tidak jajan :)

  12. Ping balik: Kenapa kesasar ke sini? | Belajar dari anak-anak

  13. Salam Kenal mbak…..senang deh baca blognya. berkunjung ya mbak ke blog ku hehhee sapa tau bisa berbagi inspirasi.

  14. Tips ok banget… Resep2nya juga, wajib di coba untuk variasi menu bekal anak biar anak nda bosen, makasih tips & resepnya :)

  15. Inung berkata:

    Thank’s ya say…. sangat membantu untuk persiapan masuk sekolah “pangeran kecilku” Asyraf, kalo boleh setiap ada menu baru bantu send ke emailku dong….. TQ

  16. ibu muda berkata:

    wah, kreatif banget idenya…
    bisa jd inspirasi nih:)

  17. anita Y berkata:

    Senang ya bisa berbagi pengalaman… saya juga lagi cari bentuk cetakan yg bisa cetak nasi dan telur, bisa beli dimana ya?

    tambahan juga, bahan wajib buat saya di rumah yaitu, daging cincang atau ayam cincang dan wortel ( karena sering buat campuran utk bikin tahu schotel, kentang schotel, macaroni schotel,dll)

  18. thelma berkata:

    Mbak, anakku umurnya 8 th kalo ke sekolah g pernah mau bawa makanan karena anaknya paling susah makan tp belakangan ini dia mau bawa makanan cuma menunya yg dia mau hanya nasi putih n nugget kalo diksh menu yg lain dia g pernah mau. Apakah setiap hari dgn menu itu anak bs jd sehat? tlng dong mbak menu yg sesuai dgn selera anak yg kurang suka makan yg bervariasi. Tks ya mbak

    • Devi Yudhistira berkata:

      Thelma…

      iya, anak2 memang suka banget ya sama nugget, aku pernah baca (tp blm nyoba sih) soal nugget sayuran, jadi dicampurin sama sayuran, ada yg jual, bisa juga kita bikin sendiri.

  19. yeti berkata:

    Wahhh……tips nya top markotop dach mbak….tengkiu banget lho dah berbagi tips nya….coz neh jg lg rada bingung ma bekal yg msti di bawain ke anak tiap harinya….hehehehe…klo ada resep baru bisa di kirimin via email donk mbak…hehehehe…tp yg simple2 aja…maklum wkt buatnya ga isa lama….hehehehe….

  20. leo anggara berkata:

    Kadang susah juga bikin makanan anak. Maunya ada ada aja…

  21. Ping balik: Bekal Sekolah Anak : Roti Tawar + Yogurt | Belajar dari anak-anak

  22. rizuki berkata:

    sippp mbak infonya, kasih gambaran menu makannya yang simple-simpel tapi sehat :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s