Belajar Bahasa Asing

Kapan waktu yang tepat belajar bahasa asing?
Untuk hasil yang optimal, ada pakar yang berpendapat bahwa mengenalkan anak ‘bahasa asing’ sedini mungkin. (Bahasa asing ini sendiri adalah bahasa kedua selain bahasa ibu …(…bukan harus bahasa Inggris, Mandarin,Perancis, tapi termasuk juga bahasa daerah yang beraneka ragam..)
Pada awalnya saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa “lebih baik belajar bahasa kedua dimulai sedini mungkin”…akhirnya sayapun membeli sebuah program belajar Bahasa Inggris, yang pada waktu itu menurut saya bahasa asing…dan memang benar-benar asing bai saya..hahaha…Karena tidak ingin anak seperti saya yang sangat susah belajar bahasa asing, maka saya membeli, biarpun harganya sangat mahal bagi kami. Waktu itu anak pertama kami berusia 1,5 tahun, dan anak kedua 6 bulan. Karena tidak ingin terlambat mulailah saya menjalankan program yang sudah saya beli tersebut…Namun rupanya anak pertama kami tidak terlalu tertarik menonton vcd, dia lebih tertarik dengan buku-buku yang memang sudah kami kenalkan sejak 0 bulan (dengan membiasakan membacakan cerita atau artikel baik ilmiah/tidak).Anak kedua kami yang lebih tertarik dengan program menonton vcd bahasa inggris (memang untuk usia balita pada awalnya program itu mengenalkan lewat vcd/film). Dengan membuat jadwal tertentu saya gunakan program tersebut ke anak kedua…..

hasilnya…tentu saja tidak mengecewakan!! terbukti ketika berlanjut ke tahap selanjutnya dengan menggunakan cd-rom (games) kosa kata yang diperoleh anak kedua jauh lebih banyak dengan anak pertama kami.
Permasalahan berikutnya timbul (dan ini yang membuat saya kecewa atau bisa dikatakan agak menyesal mengenalkan sejak dini) sampai dengan saat ini anak kedua saya (4tahun) kesulitan dalam menyebutkan nama-nama huruf dalam bahasa Indonesia, selalu ada beberapa huruf yang dilafalkan dalam bahasa Inggris…
Di sisi lain…kami di rumah (ayah&mama) menggunakan bahasa jawa dalam percakapan sehari-hari. Ternyata, tanpa diajarin mereka otomatis mengerti kalau kita sedang ngobrol pake bahasa jawa…walaupun masih kesusahan mengucapkannya (sama dengan kesusahan saya mengucapkan kata dalam bahasa Inggris meskipun saya agak mengerti artinya).

Kejadian tersebut, membuat saya membuat berkesimpulan bahwa pengenalan bahasa yang paling efektif adalah dengan menggunakan sebagai bahasa sehari-hari, meskipun hanya dalam keluarga saja. Apabila tidak digunakan sehari-hari, sebaiknya dikenalkan ketika anak sudah mulai memahami huruf dalam bahasa Indonesia (paham huruf,kata,kalimat).

Artikel sejenis : Belajar Inggris dengan English Time

Tulisan ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

4 Balasan ke Belajar Bahasa Asing

  1. Tante Asti berkata:

    Kakak Rahma, Abang Rafif, ajarin Bahasa Inggrisnya dong…
    Lama nggak ketemu udah pada tambah pinter dong pastinya…

    Kapan-kapan boleh main lagi ke Pondok Bambu ya, kalo adeknya Dedek Syafa udah lahir pastinya.. ^_^

  2. Tante Vien berkata:

    wah wah… tante ngopy juga loh, CD room yang berisi kosakata itu dari Mama.. sampe sekrang masih digunakan.. makasih ya kak, abang… terus belajar yah, biar semakin lancar berbahasa asing… Emm,,, bukannya basa ibu, basa nya ngapak2?? :P (ups,, maaf mba dev, tapi ngapakmu kebawa di aq.. jadi ketularan nih!! hhehehe..)
    itu tante asti, mosok maennya ke Ka Rahma cuma pas Mama lairan ajah??
    tetap semangat, kak!! Bang!!

  3. yudhistira31 berkata:

    tante asti dan vivin
    boleh main kok di rumah aku
    nanti aku pinjamin english time
    makasih yaa

    rahma

  4. Tante Vien berkata:

    kembali kasih, kak rahma…
    terus menulis & bikin bola-bola coklat :)

Tinggalkan Balasan

